Artikel

Aplikasi PeduliLindungi dari Kementrian Kominfo

29 April 2020 02:04:09  Ade  335 Kali Dibaca  serba-serbi

Sanggi.ID - Pemerintah dalam hal ini Kementrian Kominfo bersama Operator Seluler meluncurkan Aplikasi Nasional PeduliLindungi. Aplikasi ini untuk tracing, tracking dan fencing.

Jadi kalo HP kita bunyi artinya kita berada di redzone tanpa kita ketahui siapa orangnya. Dan kita hrs hindari tempat itu segera.
Berikut contoh aplikasi tersebut, silahkan diinstall. Demikian, terima kasih

Android:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.telkom.tracencare

IPhone:
https://apps.apple.com/id/app/id1504600374

Silakan di install Aplikasi ini di HP kita masing2 dgn mengikuti petunjuknya.

Cara Kerja Peduli Lindungi

Aplikasi Peduli Lindungi menggunakan data yang diproduksi oleh ponsel pintar pengguna dengan Bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Ketika ada smartphone lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang akan direkam oleh perangkat masing-masing.

Selanjutnya, Peduli Lindungi akan mengidentifikasi pengguna yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang dinyatakan positif COVID-19, PDP dan ODP. Hal ini akan membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.

Pengguna akan dihubungi oleh petugas kesehatan jika pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita COVID-19 positif, PDP, dan ODP. Sehingga petugas kesehatan bisa melakukan tindakan preventif terhadap orang-orang yang pernah berada di tempat dan waktu yang sama dengan penderita.

Bagaimana dengan kerahasiaan data pribadi?

Berdasarkan informasi yang tertera di website resmi maupun aplikasi, PeduliLIndungi yang dikembangkan oleh Telkom ini sangat memperhatikan kerahasiaan pribadi. Data disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain.

Aplikasi hanya akan merekam data proximity (kedekatan) satu ponsel dengan ponsel lainnya dalam format terenkripsi. Aplikasi juga tidak merekam data geolokasi pengguna. Sedangkan nomor ponsel yang didaftarkan akan direlasikan dengan ID random di dalam server yang aman. Data tidak akan diakses, kecuali jika pengguna dalam risiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Cara Menggunakan Aplikasi Peduli Lindungi

Saat ini aplikasi Peduli Lindungi baru tersedia untuk platform Android di mana statusnya masih beta (earyly acces). Bagi yang sudah terbiasa dengan smartphone Android, cara menggunakannya sangat mudah. Ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Jalankan Google Play Store, kemudian pada kotak pencarian, ketik “Peduli Lindungi”. Pada hasil pencarian paling, pilih aplikasi Peduli Lindungi yang penerbitnya adalah PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Kemudian download.
  • Jalankan aplikasi Peduli Lindungi, ikuti petunjuk selanjutnya dengan menekan tombol “Jadi Partisipan”.
    Masukkan nama lengkap dan nomor handphone yang aktif. Kemudian klik tombol ‘Kirim OTP’. Tunggu sampai mendapat SMS untuk verifikasi data.
    Pastikan aplikasi Peduli Lindungi selalui dalam keadaan terbuka (open) agar dapat terus berfungsi.
  • Aplikasi ini membutuhkan Bluetooth yang selalu aktif. Agar menghemat baterai, bisa dengan mengaktifkan fitur “Low Power Mode/Battery Saver” pada Android 5.0 ke atas. Caranya bisa melalui “Setting > Device/Perangkat” atau “Battery”. Kemudian geser tombol sampai menyala untuk mengaktifkan “Low Power Mode”. Bisa juga melalui “status bar” dengan menggulir layar dari atas ke bawah, kemudian mengaktifkan “Low Power Mode” atau “Battery Saver”
     
    Sumber: https://gizmologi.id/aplikasi/peduli-lindungi-lacak-covid-19/

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

JADWAL SHOLAT & IMSAK

  • Imsak: Imsak:
    Subuh: Subuh:
    Terbit: Terbit:
    Dhuha: Dhuha:
    Dzuhur: Dzuhur:
    Ashar: Ashar:
    Maghrib: Maghrib:
    Isya: Isya:

Peta Desa

Kantor Desa Sanggi

Komentar Terkini

Arsip Artikel

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:41
    Kemarin:166
    Total Pengunjung:91.607
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.234.191.202
    Browser:Tidak ditemukan